Selasa, 04 Mei 2010

Doa Ngapati (Kehamilan 4 Bulan)

Masa kehamilan 4 bulan (120 hari) adalah saat yang sangat istimewa. Saat itulah, Allah Swt meniupkan ruh dan –menurut beberapa keterangan- Allah menentukan beberapa ketentuan tentang kehidupannya kelak di dunia sampai di akhiratnya. Allah menentukan rezekinya, ajalnya, langkah-langkah perilakunya, dan sebagai orang yang celaka atau orang yang beruntung.
Sebagai orang tua, tentu kita menginginkan untuk anak-anak kita sesuatu yang terbaik. Kita menginginkan kehidupan dunia yang baik dan kehidupan akhirat yang baik. Mendambakan kesejahteraan di dunia dan kesejahteraan di akhirat. Mengharapkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Untuk menyongsong masa emas itulah kita memohon kepada Allah, Yang Maha Memberi, Yang Maha Menentukan, Yang Menguasai segala sesuatu. Kita memohon yang baik-baik untuk anak kita.

Kebiasaan di kampung saya, acara ngapati dilakukan dengan cara mengundang keluarga dan tetangga dekat untuk membacakan beberapa ayat Al-Qur’an seperti Surat Luqman, Maryam, Yusuf, Muhammad, Kahfi, Yasin, Ar Rahman, Al Waqiah, dan Al Mulk. Disamping membaca ayat-ayat Al Quran, ada juga yang membaca Sholawat Barzanzi atau Diba, atau membaca Manaqib.
Ini adalah contoh doa untuk janin yang dapat dibaca saat acara ngapati (4 bulan kandungan):
اَللّهُمَّ احْفَظْ مَا فِي بَطْنِ ... مِنَ الْجَنِيْنِ وَاجْعَلْهُ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً وَاجْعَلْهُ وَلَدًا صَالِحًا صَحِيْحًا مُعَافًى عَاقِلاً حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلاً سَعِيدْاً مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ غَنِياًّ سَخِيًّا زَائِرًا اِلَى اْلحَرَمَيْنِ لِاَدَآءِ النُّسُكَيْنِ بِرًّا ِللْوَالِدَيْنِ. اَللَّهُمَّ اَحْسِنْ خَلْقَهُ وَخُلُقَهُ وَحَسِّنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْقُرْاَنِ اْلكَرِيْمِ وَالْحَدِيْث النَّبَوِيِ بِجَاهِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلى اللهُ عَليهِ وَسلَّمَ. اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُ لِطَاعَتِكَ وَحَسِّنْ عِبَادَتِكَ. اَللّهُمَّ سَهِّلْ خُرُوْجَهُ عِنْدَ اْلوِلاَدَةِ وَارْزُقْهُ وَاُمُّهُ وَوَالده السَّلاَمَة وَالسَّعَادَة وَالْعَافِيَةَ وَالسهادة وَحُسْنُ اْلخَاتِمَة. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامَا.

"Ya Allah, hendaklah Engkau menjaga janin yang bersemayam di dalam kandungan….(sebutkan nama ibu yang mengandung), hendaklah Engkau menjadikan janin ini sebagai keturunan yang baik, dan hendaklah Engkau menjadikannya anak yang shalih, yang sehat, yang selamat sentosa, yang berakal sehat, yang cerdas, yang pandai, yang mengamalkan ilmunya, yang beruntung, yang dianugerahi rizki yang lapang, yang terbimbing pada perilaku-perilaku baik, yang kaya, yang dermawan, yang dapat berkunjung ke dua negeri Haram (Makkah dan Madinah) untuk menunaikan dua bentuk ibadah (haji dan umroh), dan yang berbakti pada dua orang tua. Ya Allah, baguskanlah ia dalam bentuk rupa dan akhlak yang baik, dan baguskanlah suaranya untuk membaca Al Quran al Karim dan hadits-hadits Nabi. Demikian (kami berdoa) dengan memanjatkan kedudukan Nabi Muhammad Saw. Ya Allah, hendaklah Engkau membimbing anak ini untuk mematuhi-Mu dan mengabdi kepada-Mu dengan baik. Ya Allah, hendakla Engkau mempermudah kelahiran janin ini dan hendaklah rezekikan padanya, pula pada ibu-bapaknya, keselamatan, keberuntungan, kesejahteraan, kesyahidan dan berakhir baik (husnul khotimah). Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kami istri dan keturunan-keturunan yang menyejukkan hati, dan jadikanlah kami imam (panutan) kaum bertakwa". ****

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar